Sharing, maybe this blog can help and inspire you #7billionDollar

Thursday, 15 September 2011

Awet Muda ala Einstein

17:54


Kroaker pernah merasa waktu berjalan cepat atau terasa begitu lambat? Seperti saat waktu berlalu begitu cepat ketika Anda sedang bersama teman- teman atau saat waktu terasa begitu lambat ketika Anda terjebak dalam hujan. Tapi Anda tidak bisa mempercepat atau memperlambat waktu kan?

Waktu selalu berjalan dalam kecepatan yang konstan. Einstein tidak berpikir demikian. Ide dia adalah semakin kita mendekati kecepatan cahaya, semakin lambat waktunya relatif dibandingkan kondisi orang yang tidak bergerak. Dia menyebutnya melambatnya waktu karena gerakan. Tidak mungkin, kamu bilang? Oke, bayangkan ini. Kamu berdiri di bumi, memegang jam. Teman baikmu ada di dalam roket dengan kecepatan 250.000 km/detik. Temanmu juga memegang sebuah jam. Kalau kamu bisa melihat jam yang dibawa temanmu, kamu akan melihat bahwa jam itu tampak berjalan lebih lambat daripada jam kamu. Sebaliknya temanmu akan merasa jam yang ia bawa berjalan biasa2 aja (tidak melambat), dia pikir malah jam kamu yang tampak berjalan lebih lambat.

Masih bingung? Ingat, Einstein butuh 8 tahun untuk menemukan hal ini. Dan dia dianggap jenius. Einstein memberikan contoh untuk menunjukan efek perlambatan waktu yang dia sebut “paradoks kembar”. Seperti permainan penjelajah waktu. Mari kita mencobanya dengan menganggap ada 2 orang kembar bernama Eyne dan Stine. Dua2nya kita anggap berumur 10 tahun. Eyne memutuskan dia sudah bosan di bumi dan perlu liburan. Dia mendengar bahwa ada hal yang menarik di sistem bintang Alpha3, yang berjarak 25 tahun cahaya. Stine yang harus mengikuti ujian matematika minggu depan, harus tinggal di rumah untuk belajar. Jadi Eyne berangkat sendiri. Ingin sampai secepatnya di sana, dia memutuskan untuk berjalan dengan kecepatan 99,99% kecepatan cahaya. Perjalanan ke sistem bintang itu bolak balik membutuhkan waktu 50 tahun. Apa yang terjadi ketika Eyne kembali? Stine sudah 60 tahun, tapi Eyen masih berumur 10 ½ tahun. Bagaimana mungkin? Eyne sudah pergi selama 50 tahun tapi hanya bertambah umur ½ tahun! Hey, apakah Eyne baru saja menemukan mata air awet muda!

Ide Einstein tentang waktu yang melambat tampak benar dan semua adalah teori, tapi bagaimana kamu tahu kalau dia benar? Salah satu cara adalah dengan naik roket dan memacu roket itu mendekati kecepatan cahaya. Tapi sampai saat ini, kita belum bisa melakukannya. Tapi ada satu cara untuk mengetestnya. Bagaimana kita tahu kalau Einstein tidak salah? Percobaan ini mungkin bisa memberikan penjelasan atas idenya. Jam atom adalah jam yang sangat akurat, bisa mengukur satuan waktu yang sangat kecil. Sepersejutaan detik bisa diukur. Di tahun 1971, ilmuwan menggunakan jam ini untuk mengetest ide Einstein. Satu jam atom diset di atas bumi, dan satu lagi dibawa keliling dunia menggunakan pesawat jet dengan kecepatan 966 km/jam. Pada awalnya kedua jam itu diset agar menunjukan waktu yang sama. Apa yang terjadi ketika jam dibawa mengelilingi dunia dan kemudian kembali ke titik di tempat jam satunya lagi berada? Sesuai perkiraan Einstein, kedua jam itu sudah tidak menunjukan waktu yang sama. Jam yang sudah dibawa keliling dunia, menunjukan keterlambatan waktu seperberapa juta detik!

Kroaker mungkin bertanya kenapa kok bedanya begitu kecil? Pertanyaan yang bagus! Yah, 966 km/jam cukup cepat, tapi masih belum mendekati kecepatan cahaya. Untuk melihat perbedaan waktu yang signifikan, Kroaker harus melaju dengan sangat lebih cepat.

Tuesday, 13 September 2011

Ringkasan Metabolisme Biologi SMA

22:10
Hallo Kroaker's salam ringkas, wah besok ulangan nih ane, saya paling illfill kalau belajar biologi ehehehhe :), berhubungan ada potensi saya dengan komputer, yah... skali-skali blajar lewat komputer, langsung menuju TKP, apa sih sebenarnya metabolisme? Nah.. sebelum belajar Biologi, menurut saya yang terpenting adalah Imaginasi, kata Einstein " Imagination is more important than knowledge", Biologi menurut saya enaknya di imajinasikan , ngak perlu Ngotot menghafalkan, dengan imajinasi otomatis pasti akan MakJleb langsung hafal, kalau menghafalkan besok pas ulangan deg-degkan lupa semuanya hehehehe. Menuju TKP kroak's.

A.Enzim
 

 Enzim = Protein.
    Sebenarnya enzim terbentuk bukan hanya dari protein saja, tetapi Enzim terbentuk dari Protein dan Non Protein. Gabungan antara bagian Potein (Apoenzim) dan bagian bukan Protein (Kofaktor) disebut Holoenzim. 
Kofaktor= Ion Logam ( besi,tembaga,seng)

1. Sifat-sifat Enzim
 a.Biokatalisator=Mempercepat reaksi kimia, (mobil F1=bersponsor Biokatalisator)
 b.Bekerja pada Suhu dan pH tertentu. ( Jika suhu terlalu tinggi atau rendah, enzim akan rusak.)(Kepanasan hehehehe)
 c.Enzim dihambat oleh INHIBITOR ( Inhibitor Kompetitif= Seperti Substrat, cepet-cepetan masuk ke    Enzim. Inhibitor non Kompetiti= Merusak Enzim sehingga tidak dapat dimasuki Substrat).
 d. Reaksi Reversibel ( Jadi, karena enzim itu bekerja dalam reaksi, reaksi tersebut Bolak-                   Balik(reversibel). (Kaya kuli panggul, bolak-balik melulu,.. hehehehe)

2.Cara Kerja Enzim
   Hipotesis cara kerja Enzim
a. Model Gembok dan Kunci =(bayangin aja, enzim sebagai gembok dan Kunci itu sebagai substrat).

Enzim Gembok dan Kunci dikemukakan oleh Emil Fischer.

b. Model Induced Fit(induksi pas)=( bayangin aja, sisi-sisi enzim dapat berubah bentuk sesuai dengan bentuk substrat).
Enzim induksi pas dikemukakan oleh Daniel Koshland


3. Kecepatan Reaksi Enzim

Dengan Enzim reaksi lebih cepat, sedangkan reaksi tanpa enzim lebih lambat

4. Klasifikasi dan Pemberian nama Enzim

a. Berdasarkan jenis substrat + ase

  • Protease=menguraikan protein
  • Karbohidrase=memecah karbohidrat
  • lipase= menguraikan lemak
  • nuklease=memecah asam nukleat
  • peptidase=menguraikan pepton
b.Berdasarkan reaksi yang dikatalisir + ase
  • Oksidoreduktase=bekerja pada reaksi oksidasi dan reduksi
  • Tranferase=bekerja untuk memindahkan gugus kimia
  • hidrolase= penguraian dan bantuan air
  • liase= bekerja pada reaksi pemutusan senyawa
  • isomerase= berperan dalam reaksi isomerisasi
  • ligase=enzim yang mengkatalisi penggabungan 2 molekul menjadi 1
c. Berdasarkan tempat bekerjanya
  • Enzim intrasel=bekerja didalam sel
  • Enzim ekstrasel=enzim yang bekerja di luar sel


B.Respirasi Aerob
Respirasi aerob termasuk juga dengan katabolisme, reaksi aerob pada dasarnya butuh banget yang namanya Oksigen, jadi kalau ngak dapet Oksigen namanya itu Anaerob, salah satunya nih, reaksi didalam katabolisme adalah Glycolisis, Daur Krebs, dan Electron Transport Chain.

Tempat Terjadinya Proses Respirasi Aerob

A. Glikolisis
 Namanye aja Glyco=Sweet Sugar  lisi=pemecahan jadi Glikolis proses pemecahan gula, kenapa sih gula? soalnya yang paling gampang untuk jelasinnya gula (C6H12O6).

Nih Data Tersangka Glikolisis.
TKP penangkapan =Sitoplasma
Bahan dasar Senyawa= Glukosa
Hasil Penyulapan= 2 Privurate, dan 2 NADH
Proses Glikolisi

ATP yang ditembakkan= 2 ATP
Hmmm, Gampangannya Glukosa memiliki jumla C nya ada 6 sehingga dipecah menjadi 2 Pirruvate( terdiri dari 3 atom C), Glikolisis tersebut pada dasarnya memiliki 2 ATP dan 2 NADH.Piruvate tersebut nantinya akan mengalami Oksidasi Piruvate mengasilkan 2 NADH.

Poses Daur Krebs
Tersangka Daur KrebsTKP penangkapan =Matriks Mitokondria
Bahan dasar Senyawa= Asetil kO-A
Hasil Penyulapan= NADH,ATP,CO2
ATP yang ditembakkan= 2 ATP


Nah, dari Oksidasi Piruvate dibutuhkan Asetil-KoA untuk masuk ( aggep aja asetil itu sim untuk mengendarai motor dan Daur Krebs adalah motornya) di dalam motor  Berputarlah, dibutuhkan bensin, bensin itu anggep aja Oxalo Acid, dan didalam perputaran kehidupan yang fana tersebut terdapat Gastric Acid yang nantinya akan Menyulap NADH, ATP, dan CO2, dihasilkan total 2 ATP.



Tersangka Electron Transport ChainTKP penangkapan =Mitokondria (membran dalam)
Bahan dasar Senyawa= NADH dan FADH
Hasil Penyulapan= H2O
ATP yang ditembakkan= 34 ATP




Selanjutnya, kroaker ngak sabarin nih...... , yaitu Transport elektron, karena motornya itu dicolong, dan terjadi pembunuhan di Mitokondria maka, hasil selundupan berupa 10 NADH dan 2 FADH, Spiderman punya utang 3x sama pembunuh sebesar 10 NADH jadi NADH total menjadi 30 ATP dan Batman utang jotos FADH sama si pak Polisi sebesar 2x sehingga menjadi 4ATP .


Kesimpulan= dari proses tersebut maka 4 ATP + 30ATP + 4 ATP = 38 ATP.



B.Respirasi Anaerob
Hmmm, Aduh pas nyelem kekolam renang kehabisan Oksigen ( mati deh ), tapi santai aja, karena ada respirasi anaerob yang masih bisa memberikan supply energi walaupun cuma ujung-ujungnya 2 ATP.
Perakitan didalam Fermentasi

Anggota FBI Fermentasi Laktat
Penerima Hidrogen= Asam Laktat
Organisme = sel Manusia dan Hewan
" biasanya nih, kalau kebanyakan asam laktat mengakibatkan Kram ( kekurangan Oksigen) )


Anggota FBI Fermentasi Alkohol
Penerima Hidrogen=Etanol
Organisme = Mikroorganisme dan jamur

Karena dua-duanya cuma menghasilkan 2 NADH, ya udah deh ujung-unjungnya energi yang dihasilkan cuma 2 ATP.

Karena meraka sangat baik hati, maka mereka banyak dimanfaatkan dan dipekerjakan sebagai pengembang roti, pembuatan anggiur, dan pembuatan tempe.

Anaerob juga terjadi pada Tumbuhan saat kekurangan O2 pada bagian-bagian tubuh tumbuh-tumbuhan, setelah itu juga terjadi pada manusia karena terlalu banyak Olahraga sehingga kekurangan Oksigen menimbulakan penumpukan asam laktat.


=========PERBEDAAN RESPIRASI ANAEROB DAN AEROB===============
AEROB
Pencuri Hidrogen = NAD, FAD,O2
Organisme= Semua Organisme Aerob
Jumla ATP=38
AnAEROB
Pencuri Hidrogen = Etanol, Asam Laktat , NAD
Organisme= Semua Organisme AnAerob(Saccaromyces,Bakteri Anaerob)
Jumla ATP=38



C. FOTOSINTESIS

Pernah Liat Kartun spongebob.. Fotosintesis? YUp Seperti itulah fotosintesis, santai aja,.. gampang belajar fotosintesis Point Keynya Cahaya, Air dan Udara (Avatar). BIasanya nih, superhero yang melakukan fotosintesis adalah FotoAutotrof, mempunyai senjata yang berguna untuk merubah zat anorganik menjadi anorganik. Fotoautotrof ini beraksi pada saat Reaksi terang dan Reaksi Gelap. Dan ujung-unjungnya akan menghasilkan Glukosa. Biasanya juga Kota yang sangat terkenal bernama Kloroplas merupakan Kota terjadinya Fotosintesis.

Siklus Calvin


cerita dikit, guru biologi ane Bu Pur (ngajarnya kaya Olimpiade Biologi), saya ngak mudeng apa-apa, pasrah aja hehehe, bagi adek kelas di SMAN 1 Salatiga harap semangat hehehhee :p.




























Saturday, 10 September 2011

GSB SMANSSA XII IPA 6 2011 part 1 malam Sabtu

21:14
Hmmm Kroaker,sebelumnya tujuan saya ikut GSB(Gebyar Seni Budaya yang diadakan Di GPD Salatiga) adalah cari cewe yang bening-being :D hehehehe( maklum lah cowo ), tetapi lebih dari sekedar cewe yang bening-bening tersebut saya memiliki pengalaman yang paling berharga semasa SMA, walaupun ngak dapet cewe :D tetap sabar dan dengan peka terhadap lingkungan (seperti wali kelas dan guru kami Bahasa Indonesia yang super Perceft dan Memberikan yang terbaik (Bu Maria), Tuhan kasih pengalaman yang seru-seruan... 

Sebelumnya XII IPA 6 tahun 2011 adalah sebuah kelas yang dimana ada gensternya seperti Y*da,I*n dan lain-lainya. Kami adalah kelas yang paling ribut, suka dimarahi guru kami, karena cerigis sendiri, setiap ada pelajaran pasti ada saja sekelas yang omong sendiri, bikin brisik dan menggagnggu teman-teman maupun saya, pokoknya saya tidak suka dengan orang yang mengganggu saat KBM berlangsung, saya juga orang yang "Disengiti orang-orang sekelas, karena saya orangnya itu "menikung dari ajaran sekelas". Hari -hari sebelum GSB adalah hari-hari saya yang kelam, setiap dikelas saya tidak ada bahan pembicaraan ataupun dapat berbicara santai dengan teman-teman. Yah... kadang dikelas, ada yang pinter saya minta ajarin saya karena saya tidak mudeng pelajarannya eh ternyata ngak mau, tetapi disini saya melihat, walaupun saya "Disengiti pasti ada sesuatu dibalik semua itu"

Yap. tepat tanggal 9/10/2011 bersama sahabat terbaik saya, Danang. Kami membuat sesuatu yang saya rasa kami ngak bakal bisa membuat tanpa bantuan teman sekelas. Kelihatannya teman-teman saya pada ngak niat, soalnya kalau diajak membahas yang berhubungan dengan kebersamaan, pasti ada yang ribut sendiri. Pokoknya mustahil. GSB ada speda hias
x=" Ayo cah,,, pye kie,, meh gawe oph?"
y="Traktor wae ..?"
x="Ketok'e ora realistis" 

Wah saya tidak menyangka juga akhirnya untuk speda hias kami membuat sebuah Traktor. Dengan Basecamp di rumah saya,..., rumah Tua di jalan Kemiri 1 no 4 , berwarna hijau dan terbuat dari kayu yang sudah tua. Karena GSB hari sabtu, maka kami membuat traktor pada hari Jumat.... Beranggotakan Saya, A'As, Danang, Dika, Andreas, dan Mas Darmaji kami membuat sebuah kerangka traktor yang nantinya sebagai dasar dalam pembuatan sepeda hias yang akan kami buat, di sekolah kami membuat kerangka di kandang BABI, dan pada saat pembuatan banyak sekali debu, karena pada saat itu pula masih ada pembuatan lapangan yang baru, "Debuuuu isinya dan matanya sakit ehehehe". Pada jam 3 Sore kami membuat tepat pada hari jumat, Wahhh saya ngak nyangka sebelumnya ada temen yang main kerumah saya untuk membuat persiapan  Stand "Sate". YUppppp kami kelas XII IA6 angkatan 2011 membuat Stand "sate" ada ELda, Sofi, Rara, Dewi, Yufi, Ian dan Anis di basecamp XII IA6 untuk membuat keperluan stand kelas kami,., maklum karena di GSB ada tempat untuk jualan Stand-stand makanan dan kami harus menghiasnya dengan sangat bagus.

Saya tidak menyangka dengan teman-teman saya, yang bekerja keras dan tentunya saya terharu melihat kerja keras mereka walaupun ada "beberapa orang yang tidak membantu". Tetapi ada teman yang rela berkorban seperti teman saya yang bernama Rara, dari Bawen sampai salatiga mau membantu dan bekerja sama, daripada yang rumahnya salatiga tetapi ngak bantu ... hehehhehe.

Tetapi kami yakin, semua anggota kelas ikut berpartisipasi dan membantu, walaupun kecil dan berat, seperti saya  ( heheheh :D) bagaikan pesuruh yang mondar-modir, membersihkan rumah ketika teman-teman pada pergi dan di Stand masang-masang,  anter-anter barang dan banyak lagi ... tetapi saya melakukannya dengan ikhlas dan kerendahan hati, pasti Tuhan  udah menjanjikan sesuatu yang terbaik buat saya dan teman-teman.

Sekitar jam 7 malam Dewik datang kerumah saya, disusul dengan A'as, Yufi, Rara, Karini, Danang, Sofi, Yuda, Ian, Elda, Isti dan yang terakhir tukang molor.. Adit. Ini merupakan perkumpulan yang paling dekat, saya sudah menganggap teman-teman saya seperti keluarga tidak ada lagi ada kesengitan diantara kita hehehhehe :P. Kami memulai proyek traktor dengan memasang Kardus pada kerangka " Kardusnya bau teri.. sapa to yang beli? eits ternyata ketua kelas kami yaitu a'As hehehehehe ;D". A'as merupakan orang yang bijaksana dan Ngoplak'i  hehehehe. Danang, saya, A'as, Yuda, Adit dan Ian serta YUfi.. kami membuat Proyek tersebut eits ngak nyangka, ternyata kami semua merupakan orang yang kompak. Sofi ngurusi Yufi.. ( eits salah ngurusi Stand sate bersama YUfi, dan rara hhehehhehe). Diluar rumah seperti biasa kami bahu membahu membuat traktor. Eits.. untungnya Elda dan Isti bawa Gorengan ( yeyeyeyye.. ada tahu, Tempe ,  Pokokya maknyosss.. XD).

Waktu sudah menunjukan jam 11 malam, dan traktor tersebut belum jadi saya mulai kedinginan, dan teman-teman udah mulai sayup, entah kenapa pada waktu teman sudah merasa lelah, saya ingin merampungkan pekerjaan ini. Di tengahnya malam yang super dingin bermodalkan 2 lampu 100 watt dan tikar, kami membuat . Eits pada laper tuh temen-temen, saya suguhin Bubur Ayam spesial Es Puter Briska, mata sudah pada sayup-sayup sekitar jam 2 pagi saya tidur, Danang, Yufi, Adit, dan Ian serta A'as membuat Traktor tersebut.

Pagi hari sekitar jam 4 pagi saya bangun. Danang dan A'as tidur dibawah lantai dan Yufi di atas sofa, saya sempat kaget dan ketawa-ketiwi sendiri soalnya pada Danang dan A'as kelon-kelonan heheheh, saya keluar dan melihat teman-teman saya, akhirnya saya kasih selimut, dan saya keluar dari rumah untuk mengecek traktor kami, dan ternyata traktor kami 90% sudah jadi... melihat pengorbanan teman-teman, saya meneruskan 9%nya, dari jam 4 pagi hingga jam 6 pagi saya diluar rumah, mengecat roda. bagian dalam, dan merapikan traktor tersebut ( ujung-unungnya enggak rapi, soalnya saya orangnya tidak rapi, hehehe).

Pagi Hari pun tiba ... ( bersambung Part 2)



Tuesday, 6 September 2011

Membuat Megaphone TOA MEGACOT tanpa Orang

21:40


MegaPhone Sederhana


Hallo Kroaker Maker Mania, sudah lama tak berjumpa nih.. hehehehhe, Wah pengen beli TOA buat suatu kegiatan.. HMMM mahala sekali  T.T apalagi yang besar. Weits Kroaker jangan minder dulu, mari kita membuat Megaphone sederhana pake HP kalian hehehehehehhe
"Langusng Aja Nih, daripada panas-panas menuju TKP"



Alat dan Bahan

Kertas ( Terserah Kroaker Yang penting Bisa untuk Membuat Kerucut TOA)
LEm Tembak
Solder
Timah
Kabel Pelangi/Kabel Jumper
PCB dot Matrix
HP ( kalau bisa yang murahan aja hehehe, takut di colong)
   ELektronik
1uF 16V Kapasitor
Dioda 1N4001
LM 386N-3
220uF 16V Kapasitor
Speaker 8 Ohm
Jack Male
10K resistor
33uF 16VKapasitor


Cara
1.Potonglah Kertas menjadi seperti Kerucut
2. Buatlah Bagian Elektronik dengan skema

Click Untuk Memperbesar Gambar

3. Skematik Bisa dibuat melalui Protel maupun EAGLE dan bisa juga melalui PCB dot MAtrix.
4. Pasang Speaker pada bagian ujung kerucut.
5. Pasang Jack 3mm pada HP
6. Tes... Tes 123 Dicoba :D

Trik Menggunakannya
Taruh Megaphone tersebut, di suatu tempat yang pastinya tidak diketahui orang, kemudian dengan nomor Hp tersebut kamu telefon, setting HP untuk Directly Answer tanpa pencet, Tinggal Ditelpone HP yang dipasang... Langsung Kluar suaranya hehehehhe, lumayan tuh untuk ngerjain adek kelas waktu Pelantikan osis ataupun yang lainnya ada jerit malam :D, Begitu Kroaker, bagaimana mengerjai orang lain dengan megaphone tanpa Orang wkwkwkkw, seru kan? 

Problems Quote : Jika Kroaker ngerasa suaranya itu kurang keras, bisa diganti potensionya maupun speakernya, itu aja sudah cukup 


Selamat mencoba Kroaker, Tetap semangat, tetap Kreative bersama www.pisangkroak.blogspot.com, kalau pengen ngirim artikel yang iseng-iseng boleh dikirim ke rubikfast@gmail.com Artikel membuat sesuatu yang sederhana dan asik..



Saturday, 3 September 2011

Tablet Android Honeycomb Terbaik Murah

20:33

Tablet Android Honeycomb Terbaik dan Termurah


Inginkah Tablet Android Honeycomb Terbaik Murah? Spesifikasi Bagus? dengan harga sekitar 5 juta, Kroaker ngak salah kalau milih . . . .

                           ACER Iconia Tab A500

Spesifikasi
Processor Onboard               :      NVIDIA Tegra 250 Dual-core A9 1GHz 
Tipe Video                  :           NVIDIA GeForce with Flash 10.2  
Memori                                   :                32GB storage  RAM 1GB DDR2  
Display                  :                  10.1" WXGA 
Display Maksimum Resolusi   :                1280 x 800 
Display Teknologi                     :             TFT LCD 
Audio                                   :        Tersedia 
Speaker                                   :          Dual speaker with Dolby Mobile 
Wireless LAN                           :         Tersedia 
Wireless Bluetooth                   :      Tersedia 
Input Device Type                   :          Layar Sentuh 
Terhubung dengan                  :                     HDMI dan USB 2.0
Card Reader                           :                              Micro SD 
Camera                                   :                                Terintegrasi
Sistem Operasi          :           Android 3.0 Honeycomb 
Garansi                                      :  Standart Garansi Distributor 1 Tahun

REVIEW
Iconia Tab merupakan suatu produk yang pertama kali di Indonesia menggunakan Sistem Operasi berupa Android 3.0 HoneyComb. Ngak salah tentunya Acer " Menggandeng" Android untuk bersaing didalam pasar Tablet. 

Untuk User Home dan Professional :
    Tidak salah memilih Acer Iconia dengan NVIDIA Tegra 250 Dual-core A9 1GHz, dan memiliki layar sentuhnya yaitu dengan ukuran 10,1"  terhubung juga dengan HDMI dan USB 2.0 jika mengininkan untuk presentasi di kantor maupun di lingkungan kerja, mudah untuk mendapatkan port provider di tablet ini.Acer juga menyediakan keyboard USB, jika para penggunanya ingin mengetik dengan cepat, tanpa layar sentuh. Penggunanya juga bisa menyimpan data lebih banyak karena kapasitasnya 32 GB (tablet lain hanya dapet 16 GB dengan 5juta) Tak kalah, di tablet ini tersedia juga kamera, setelah bekerja, tablet ini juga bisa meyimpan kenangan-kenangan berharga kita. Jika ingin surfing di area hotspot ICOnia ini didukung juga dengan Wireless, bisa internetan gratis!.

Untuk Kalangan Muda dan User Gamer :
   Untuk remaja, apasih yang ngak mengagumkan dari Tablet ini? tentunya  Web, Surfing, dan Game sampai membaca buku .pdf. Iconia dilengkapi juga dengan 1280x800 pixel, layar yang cukup besar ini, membuat nyaman penggunanya dengan Grafis yang didukung oleh  NVIDIA GeForce, jadinya tidak membuat kecewa dengan tampilan grafis. Game seperti Samurai II: Vengeance THD,Guerilla Bob THD,Dungeon Defenders: First Wave Deluxe HD,Fruit Ninja THD, Bang Bang Racing THD dan masih banyak lagi.


Screen Shot ICONIA A500

Iconia A500 tampak depan dan belakang
Iconia A500 Kamera, HMDMI, USB 2.0, Volume Button
Game di Iconia A500
Nah itu Kroaker Sinopsis dari Acer Iconia, semoga bermanfaat :) salam kroak


Friday, 2 September 2011

(Gvlog-Umum) Membuat Celengan sederhana dari Floppy Disk

22:01



Hei Ho.. Kroaker's Liburan suwung nih.. eh.. pas beres2 ternyata ada Floppy Disk. berhubungan ngak ada Celengan jadinya saya pengen buat celengan hehehehe, Di sini Tutorialnya ngak Bertele2 hehehehe daripada sms boros pulsa   eh tapi XL murah banget mendingan xmx pake xl hehehhee :D,daripada berkayal pengen smartphone sama bbm hehehhe.... mendingan..

Langsung Menuju TKP gan...









Alat Dan Bahan-Bahan dasar
Gunting, Floppy Disk Bekas, Lem Tembak, Obeng Plus




LAngkah-Langkah Pembuatannya
1. Siapkan Follpy Disk Dan Buka sekrupnya


Buka Floppy Disk

2.  Setelah Dibuka Masukin aja.. Duitnya hehehhe, ( yang ini Celengan rahasia, kalau ada temen yang masuk kamar taunya cuma Floppy Disk padahal ada uangnya wkwkkwwk ) ada Lagi Kroaker Celengan selanjutnya... Next step 3



3.  Nah sekarang Buat bentuk celengan seperti pada gambar......
 4. Tutup Bagian Pinggirnya dengan kertas kalender bekas


5. Beri Pengaman berupa botol parfum bekas pada bagian pinggir dan tentunya di Lem



6. Nah akhirnya seperti Ini
Celengan tampak belakang
Celengan tampak Samping



7. Jadi deh... celengan dengan barang-barang seadanya dan hanya modal 0 rupiah
pada bagian atas floppy Disk digunakan untuk menyimpan uang yang besar-besar ataupun uang yang seandainya kita butuh setiap saat, pada lubang bagian tengah di isikan celengan kita
Celengan Floppy Disk



Nah itu Kroaker... Hehehehe tanpa modal, soalnya liburan suwung, dan ngak ada kerjaan kata Einstein " Imagination is More Important than Knowledge" Gunakan imajinasi kaliyan dan buat celengan kaliyan sendiri jangan facebookan sama twitter terus yang dipantau.. gunakan imajinasi kaliyan dan manfaatkan barang-barang bekas ...




Gvlog-Umum XL,VIVANEWS,GVLOG




Tugas Bahasa Jawa Tripama

21:11
Tugas Bahasa Jawa Film 

Tripama watak satria dan sastra jendera adalah watak luhur yang perlu diteladani dan merupakan ajaran suci atau ilmu luhung yang berdasarkan ajaran Ketuhanan Yang Maha Esa. Ajaran ini merupakan rahasia agama yang dapat menyelematkan umat dan dunia semesta. Buku ini merupakan Seri Wayang 9, yang tidak lepas dari Seri Pustaka Wayang lainnya seperti Wayang Dan Karakter Manusia. Wayang Dan Karakter Wanita serta Apa Dan Siapa Semar.

Buku Seri Pustaka Wayang 9, merupakan kumpulan pandapat dari para pembaca terhadap Sayembara tentang penulisan Tripama, yaitu suatu penulisan untuk menetapkan mana yang lebih pantas dan menonjol sifat Kepahlawanan dan satria-utama dari satria dalam Tripama yaitu Sumantri, Kumbakarna dan Basukarna, yang dihimpun oleh Ir. Sri Mulyono Djojosupadmo.

Dalam meninjau buku ini dipakai tinajauan filosofis dan psikologis dan juga dari segi mistik. Bahkan sebagai akhir dari pembahasan dicoba mengupas tentang apa sebenarnya Sastra Jendera itu, yang sampai melahirkan Rahwana (si angkara murka), Kumbakarna, Sarpakanaka dan Gunawan Wibisana. Sastra Jendra mampu menggegerkan serta membuat tabu dalam dunia pewayangan pada umumnya dan dunia spiritual khususnya.

Mengapa tokoh wayang Karna dijadikan sebagai teladan oleh Tripama (Sri Mangkunegara IV) sedangkan ia ikut golongan angkara. Siapakah diantaranya dari ketiga tokoh teladan dalam Tripama itu yang benar-benar dapat dikatakan sebagai satria dan prajurit utama? Dalam tanggapan Tripama telah dikupas tokoh Basukarna, kemudian dibandingkan siapa di antara tokoh yang benar-benar pantas untuk disebut satria utama. Adapun lengkapnya bunyi Tripama dalam terjemahan adalah sebagai berikut:
  1. Wahai semua prajurit, contohlah segala tingkah laku, kesetiaan dan ketaatan seorang senapati Suwanda yang sangat dibanggakan oleh sang Prabu Harjuna Sasrabahu di Maespati yang mencakup tiga soal. Pertama Kepandaian (ilmu), kedua Kekayaan-akal, pikiran dan siasat peperangan dan ke tiga Keberanian yang penuh dengan semangat patriotik, inilah yang disebut manusia utama.
  2. Adapun yang disebut dengan tiga contoh pengabdian tersebut adalah guna berarti dapat melaksanakan segala hal, dan diusahakan menjadi keunggulannya, kaya berarti membantu (melakukan) perang ke negara Magada, dan berhasil memboyong, merebut, puteri domas (Citrawati dan 800 pengiringnya) untuk dipersembahkan kepada rajanya dan purun/berani/kemauan adalah seperti tampak jelas di kala dengan gagah berani perang melawan raksasa (Rahwana) dari negeri Alengka, dan Sumantri gugur dalam medang perang.
  3. Ada lagi teladan yang pantas dicontoh, seorang satria agung dari negeri Alengka, bernama Kumbakarna, walaupun ia berujud raksasa, namun berbudi utama (luhur), sejak perang Alengka, ia selalu mengingatkan kepada kakaknya demi keselamatan negara, namun Rahwana tidak mau berubah pendiriannya melawan prajurit kera.
  4. Kumbakarna setelah mendengar perintah kakaknya, untuk melawan musuh yang menyerang negaranya, berangkat tanpa menolak karena memegang teguh sifat Kesatrianya, walaupun di dalam hatinya sesuangguhnya tidak setuju akan perbuatan kakaknya yang salah, tetapi ia tetap berangkat ke medan perang dengan maksud untuk membela negara, Keluhuran keluarga, leluhurnya dan bangsanya, maka ia bersemboyan lebih baik mati dalam medan peperangan daripada hidup mewah di Alengka tetapi dirusak oleh prajurit kera.
  5. Ada lagi yang pantas dicontoh, Suryaputra seorang Narpati dari Ngawangga, dengan Pandawa yang masih bersaudara, lain ayah tetapi sekandung (sama ibu), yang dengan setia mengabdi kepada Prabu Kurupati dari Astina sebagai agul-agul (benteng), panglima perang, dalam perang Baratayuda menjadi senapati (perang) untuk membela Kurawa.
  6. Sang Karna sangat gembira mendengar perintah rajanya untuk melawan saudaranya sendiri berperang melawan Arjuna, karena inilah satu-satunya jalan untuk membayar budi, rajanya yang telah memberi derajat, pangkat, kenikmatan duniawi, maka berangkatlah dengan kekuatan yang ada ke medan pertempuran guna menunaikan tugas senopatinya dan akhirnya Adipati Karna gugur dalam medan pertempuran sebagai perwira utama.
  7. Ketiga contoh itu merupakan teladan di Jawa, yang pantas jikalau semua prajurit dapat menghayati tugasnya sekuasanya, dalam pengabdiannya terhadap Kerajaan, jangan sampai melalaikan contoh-contoh baik, jika jatuh ke lembah nista, hina, kemauannya, walaupun sentausanya budi tidak ada laih kehendaknya berusaha sesuai dengan harkat hidupnya, berusaha dalam keutamaan.
Dalam rangkaian uraian di atas timbul pertanyaan di mana letak Kesatriaan Basukarna baik dalam pewayangan maupun pedalangan, maka hal ini dapat dicari dalam sikap dan perbuatannya dalam dialog antara Basukarna, Kresna dan Dewi Kunti dalam lakon Kresna Duta.

Sebagai suatu kesimpulan atau tanggapan yang disampaikan oleh Drs. Pudja WA yang berjudul Sumantri, Kumbakarna dan Basukarna dalam perbandingan ialah sebagai berikut:
  1. Tokoh Sumantri yang dalam riwayat silsilahnya masih berdarah “turasing luhur” yang pada generasi dirinya telah mengalami degradasi sebagai pemuda yang kehilangan status sosial. Liku-liku hidup perjuangannya menunjukkan bahwa Sumantri adalah tokoh yang energik, berkekuatan cerdas, konsekuen dan berbangga diri. Tidak heran bahwa ia dapat mencapai tataran tertinggi dalam jabatan negara sebagai Perdana Menteri (patih). Hal ini identik dengan maksud arti namanya: Su linuwih atau taraf tertinggi, Mantri-menteri. Titik buka (blind spot) pada dirinya telah menyebabkan tindakan yang “fatal” kepada tingkah laku yang “kebanjur” yang meninggalkan sifat kejujuran. Sumantri adalah tokoh yang overkonpensasi.
  2. Tokoh Kumbakarna digambarkan sebagai raksasa yang memiliki budi luhur. Pandangannya mengenai “kebenaran” adalah mutlak, tetapi dalam menghadapi dilema boleh dikatakan “melempem” pasif dan apatis. Baru setelah keadaan negara darurat dan memaksa ia menjalankan prinsip kombinasi antara idealisme dan rasionalisasi, yang sudah barang tentu tidak efektif lagi. Pada dasarnya Kumbakarna adalah tokoh nasionalis kolaborator, atau secara populer dapat disebut “pahlawan kesiangan”.
  3. Tokoh Basukarna adalah gambaran dari pribadi pahlawan yang mempunyai “innerlife story” yang unik dan multikompleks. Sebagai anak yang tidak mendapatkan kasih sayang dari orang tua kandung, ia tumbuh menjadi pribadi yang keras dan teguh dalam memperjuangkan prinsip hidup. Berbagai dilema mesti dihadapi, yang banyak memberikan pelajaran baginya untuk berbuat “teguh dalam prinsip, tetapi luwes dalam praktek” suatu kebijaksanaan terpuji. Adalah suatu penilaian yang terlalu pagi bahwa Basukarna itu tokoh yang “tesmen” atau “ABS” yang gila pangkat, tanpa menghayati lebih lanjut proses psikologis dan biografinya. Basukarna adalah tokoh dari pribadi yang terlantar dan sukses. Dapat dikatakan pula sebagai profil karakter neirosia yang berhasil
Berdasarkan pada pola pemikiran serat Tripama atas prinsip Tri Prakara watak satria yang harus dipakai pedoman bagi para anggota angkatan bersenjata, maka penampilan tiga tokoh pewayangan sebagai contoh teladan itu dapat digarisbawahi seperlunya. Walaupun setelah dianalisa-tafsirkan “kadar” kepribadian (secara eksistensi individual) masing-masing tokoh terdapat segi fenomena-fenomena yang negatif, namun secara militer ternyata ketiga tokoh itu konsekuen terhadap sumpah prajurit sampai pada akhir ajalnya.

Sumber:
Tim Koordinasi Siaran Direktorat Jenderal Kebudayaan. 1993. Aneka Ragam Khasanah Budaya Nusantara V. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan

Menghadapi Kehidupan

19:45
Kroaker dapet masalah? Kroaker Sebel sama Kehidupan ini? Kroaker rasanya hidup itu membosankan? Ada 11 cara nih ( ucapkan dengan Lantang dan KEras ya :D)

 1. Everybody doesn't have to Love Me "Siapapun tidak harus mencintai maupun menyayangi diri saya" Tidak semua orang harus mencintai saya, ataupun menyukai saya. Saya juga tidak perlu menyukai orang yang dikenal, jadi mengapa setiap orang harus suka terhadap saya? Saya memang suka untuk disukai dan di cintai tetapi jika seseorang tidak menyukai saya, saya akan bersikap " I will still be Okay and Still Feel like I am an Okay person ". Saya tidak bisa untuk menyuruh seseorang untuk menyukai saya, walaupun seseorang dapat membuat saya menyukainya. Saya tidak butuh penerimaan setiap saat.JIka seseorang tidak menerima saya, " I will Still be Okay :) "

 2. It is Okay to Make Mistake " Ngak apa-apa, jika membuat kesalahan" Membuat kesalahan merupakan sesuatu yang kita perbuat setiap saat, dan saya tetap tenang dan mencitai kesalahan tersebut ketika melakukan kesalahan. Saya mencoba dan jika membuat kesalahan, saya akan mencoba lagi untuk tidak melakukan kesalahan. Saya yang membuat kesalahan dan saya dapat mengatasinya. "It is Okay for others to make mistakes, too. Saya menerima kesalahan dalam diri saya dan kesalahan yang mereka perbuat.

 3. Other People are Okay and I am Okay " Orang lain baik-baik saja dan juga saya" Orang yang berfikir saya tidak suka adalah orang yang tidak bersalah. Mereka seharusnya tidak menghukum karena saya tidak suka yang mereka lakukan atau yang telah dilakukan. Tidak ada alasan mengapa orang lain mengharapkan kepada saya apa yang mereka inginkan, dan tidak alasan mengapa saya mengharapkan orang lain seperti yang saya inginkan. " People will be WHATEVER they want to be, and I will be WHATEVER I want to be. Saya tidak bisa mengkontrol orang lain dan merubah mereka. "They are who they are"; Kita berhak mendapatkan penghargaan dasar.

 4. I Don't Have to Control Things "Saya tidak harus mengkontrol sesuatu" " I will survive if things are different than what i want them to be". Saya bisa menerima sesuatu dilingkungan, menerima orang siapapun mereka, dan menerima diri saya siapapun saya. Tidak ada alasan untuk bersedih jika saya tidak bisa mengubah sesuatu sesuai dengan ide saya atau bagaimana kebalikan dari mereka, Tidak ada alasan kenapa saya harus menyukai segalanya. Bahkan jika saya tidak suka, " I can live with it".



 5. I am Reponsible for My Day " Saya bertanggung jawab terhadap hari-hari saya" Saya bertanggung jawab terhadap apa yang saya rasakan dan yang saya lakukan. Tidak seorangpun yang bisa membuatku merasakan segalanya. Jika saya mempunyai hari yang buruk, saya merupakan satu-satunya orang yang dapat memeperkenankan itu terjadi. JIka saya mempunyai hari yang menyenangkan saya merupakan satu-satunya orang yang menerima itu karena bersikap positif. Ini bukan merupakan tanggung jawab orang lain untuk merubah perasaan saya menjadi lebih baik. " I am the one who is in charge of my life".

 6. I can Handle it When Things go Wrong " Saya dapat mengatasinya jika sesuatu menjadi Salah" Saya tidak perlu berhati-hati karena sesuatu menjadi serba salah. "Things usually go just fine, and when they don't, I can handle it. Saya tidak perlu menhabiskan tenaga untuk mengkawatirkan. " The Sky won't fall in; things will be okay.

 7. IT is Important to Try " "Sangatlah penting untuk mencoba" " Saya Bisa". Bahkan ketika saya menghadapi ujian yang berat, lebih baik untuk mencoba daripada menghidarinya. Menghindar suatu ujian ataupun masalah tidak memberikan suatu keuntungan bagi saya