LAPORAN POLAR DAN NON POLAR SUATU ZAT

Posted On // Leave a Comment

POLAR DAN NON POLAR SUATU ZAT

I.           TUJUAN
Untuk mengetahui terjadinya ikatan polar dan non polar dalam kehidupan sehari-hari.
II.         LANDASAN TEORI
               Ikatan kovalen adalah ikatan yang terjadi antara atom-atom atas dasar pemakaian elektron bersama-sama. Ikatan ini biasa terjadi antara unsure sesama non logam. Berdasarkan perbedaan elektronegatifan antar atom dalam senyawa, jenis senyawa dapat dibagi menjadi seyawa polar dan non polar.
               Ikatan kovalen polar terjadi jika perbedaan elektronegatifan antar atom dalam unsure lebih besar dari 0 (momen dipole >  0) sehingga dalam larutannya akan membentuk dipole positif dan dipole negative. Sedangkan senyawa kovalen non polar tidak memiliki perbedaan keelektronegatifan, sehingga tidak membentuk dipole-dipol. Karena adanya perbedaan ini, sehingga kedua senyawa kovalen ini memiliki perbedaan kelarutan. Senyawa kovalen polar larut dalam pelarut polar dan senyawa kovalen non polar larut dalam pelarut non polar( prinsip “like dissolve like”). Namun kedua senyawa senyawa ini dapat bercampur dengan menambahkan emulgator (contoh : sabun).
III.       ALAT DAN BAHAN
a.      Cawan (lepek)
b.     Susu UHT
c.      4 Pewarna makanan dengan masing-masing warna berbeda
d.     Cutton bud
e.      Sabun colek
IV.       CARA KERJA
a.      Susu UHT dituangkan ke cawan.
b.     Masing-masing pewarna makanan dituangkan ke cawan yang berisi susu.
c.      Ambil sabun dengan cotton bud.
d.     Celupkan cotton bud tadi ke dalam susu.
e.      Amati apa yang terjadi.
V.         HASIL PENGAMATAN


VI.       PEMBAHASAN
a.      Susu bersifat polar.
b.     Sabun (C17H35COO-Na+) bersifat non polar.
c.      Hubungan dalam percobaan        :
Karena zat tersebut berbeda jenis, maka ketika sabun yang non polar dicelupkan ke dalam susu yang telah diberi pewarna sebelumnya akan menolak atau tidak bercampur dengan sabun.
Pada akhir percobaan didapatkan warna coklat karena pewarna tidak memiliki sifat apaun. Fungsinya hanya sebagai tanda saja. Karena susu dengan pewarna sama-sama polar, maka susu dengan pewarna akan tetap bercampur.
Warna coklat adalah warna komplemen dari hasil percampuran warna primer dengan warna sekunder.
VII.    KESIMPULAN
Dari percobaan di atas, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa antara zat yang polar dan zat yang non polar tidak dapat menyatu.



0 comments:

Post a Comment

Jangan Lupa Kasih Comment, KroAdmin membutuhkan Kritik dan Masukannya x) Terimakasih Masukannya NB:Untuk memudahkan comment sebaiknya Follow terlebih dahulu. Terimakasih atas masukannya God Bless You