Sharing, maybe this blog can help and inspire you #7billionDollar

Thursday, 30 June 2016

Ngantuks

03:02


Pambuko....
Ibarat kalau ketuk pintu yang dibuka adalah jendelanya,

Suroso Boso....
Wah, hari ini seneng banget, bisa riset diri sendiri, yang pastinya mental semoga menjadi lebih kuat, dan tahan goncangan

Panutup,
Ngantuks merupakan hal terakhir jika solusi dan masalah terus menderu, ketika terbangun menemukan solusi, mengistirakan seluruh jaringan. menuju kehidupan selanjutnya

Btw Lagu hari ini, Banda Neira-Senja Jakarta



Wednesday, 29 June 2016

Si Raja Ngorok

01:33



Pambuko....
Hari yang seperti "let it go, let it go ini" dingin menusuk sukma kalbu hati #alay banget. Oh iya, hari ini nganterin Bapak saya menuju rumah sakit. btw kenapa namanya bisa rumah sakit ya? rumah trus sakit?, siapa yang nyakitin? kasihan banget rumahnya. Singkat cerita jadi inget rumahnya squidward yang coba kalau di marketingin sama venny rose, hmmm. Hubungannya dari semua kalimat apa coba? yang pasti ada hubungannya, yaitu semua kalimat tersusun menjadi sebuah paragraf. Dalam kehidupan ini, kita tidak tau apa yang baik dan buruk, hanya saja mereka menjadi satu kesatuan yang didalamnya terkandung baik dan buruk.

Suroso boso...
Ketika memasuki mobil, saya merasa was-was kalau adik saya yang kecil terbang keatas awan menyanyikan lagu surgawi yang begitu cetar membahana a.k.a ngorok. Adik saya yang kecil itu memang saya ajarin untuk ngorok #eh, kok kakanya sih ngajarin?. Jadi singkat certia, si Raja ngorok ini begitu indahnya menyanyian suara khas ngoroknya, begitu imut, untung saja Bapak ngak terganggu, kalaupun sebagai terapi, puji Tuhan sel-sel kanker yang ada didalam tubuh Bapak bisa ilang ketika "mendengarkan" rayuan pulau "kelapa" dari adik saya. Sebagai kakak, saya merasa bersalah, kenapa adek saya bisa ngorok :v. Suara yang begitu cetar yang tidak membahana lagi, sungguh biasa luarnya, kaya suara curut kepencet, atau kucing lagi kawin, ya gitu suara ngoroknya.. :v.

Panutup.
Kita diajarkan untuk menerima bahwa ngorok itu bermanfaat, tapi sesungguhnya ngorok itu sebagai penanda bahwa ada saluran yang tersumbat. Jadi life lesson apa yang bisa pelajari dari ngorok ? Ngorok itu merupakan suatu kebetulan yang tidak bisa diprediksi kapan terjadi yang menimbulkan dampak "buruk" bagi dirinya dan orang disekitarnya, sama halnya dengan hidup ini, kita harus berjaga-jaga supaya hal yang buruk bisa terhindarkan dari sendiri dan orang lain.

btw Music for this day-Float Sendiri .



Monday, 27 June 2016

Anganku hilang tlah kembali

22:38



Mencoba gaya penulisan yang B3d4 ya...

Pambuko....
Ibarat kalau ultramen kebelet boker, dan bisa dibayangin, nyopot celananya lewat mana ? Kadang hidup kaya ultramen yang lagi kebelet boker, sayapun beruntungnya kalau mau boker gampang. Begitulah hidup, seperti bokernya ultramen.Kadang segala sesuatu terasa sulit padahal bisa dibuat gampang.

Suroso boso....
Badan saya hari ini ngak enak banget, mungkin cuaca yang masih dalam masa alaynya, sukanya ngubah-ngubah suasana, hari ini emang ujan si, siang panas banget, labil banget kan tuh, kalau mau panas, panas aja terus, kalau mau dingin-dingin aja terus, tapi kalau cintamu...  jangan ikutan labil gitu ya :p. Gara-gara cuaca hari ini yang labil, saya ngak jadi cukurin rumput belakang, padahal niatnya mau samaain rambut saya yang baru (gundul). Bicara tentang gundul, saya memikirkan keuntungan menjadi gundul = Membuat orang bahagia dan tertawa :v.

Panutup.
Lantas apa hubungannya ultramen kebelet boker, sama cuaca hari ini ?. Oke, jadi saya mencoba membelokan semuanya, ultramen mencoba boker karena cuaca yang sedang berubah-ubah. Boker merupakan suatu istilah kegiatan positive untuk merelaksasikan dan menghilangkan "kenangan mantan", #eh kok mantan sih -.-" . Iya jadi intinya saya hari ini ngak isa boker gara-gara cuaca yang berubah-ubah, mungkin isi yang ada diperut masih sayang yang didalem. Kesimpulannnya, walaupun hidup ini harus ada yang "dibuang" seperti halnya kebiasaan jelek masih ada yang bertahan, hanya saja butuh proses dan waktu untuk mengeluarkannya, seperti boker... memerlukan waktu, tapi yakinlah pasti itu akan berhasil, karena "kotoran" pada akhirnya akan terbuang :).

Btw Music for the day -Tiga Alang-alang.





Friday, 24 June 2016

Men simple kan

23:27

Sore hari bersiap untuk segera menuju ke Semarang. Sekitar jam 5 saya berada di rumah sakit Elizabeth untuk menjenguk Bapak saya, yang sedang terkena penyakit tumor ganas pada usus. Senang sekali bisa berjumpa, wajah beliau yang begitu menampakan semangat hidup, ketika orang-orang berada disekitarnya. Sudah 21 tahun Bapak menemani saya, tak pernah terbesit perasaan bahagia ketika saya melihatnya bahagia, terlihat dari raut matanya dan mimik wajahnya, ketika penyakit yang dideritanya merupakan suatu anugrah untuk menyatukan seluruh keluarga. Ketia beliau sakit semua orang menjadi pribadi yang berbeda, terutama Yiska adik saya. Yiska rajin sekali untuk membersihkan rumah, dan adik saya Rio, dia lebih bertanggung jawab dengan dirinya sendiri, dan mulai membantu kakaknya perempuan untuk mencuci piring.

Teringat akan masa waktu itu ketika Bapak sedang dioperasi, kami bertiga merasa bersyukur bisa saling bahu membahu menolong satu orang dengan orang lain, tentunya tak hanya kami bertiga, tetapi juga ada 1 orang "additional player", yang memberikan backup kepada saya ketika saya akan jatuh sakit, dan terus menolong keluarga ini, dialah mbak pacar saya. Jadinya, kami berempat saling bahu membahu untuk berdoa dan mensupport satu orang dengan orang yang lain.

Waktu itu saya sedang duduk diruang kamar Vintentius kelas III elizabeth, merenungkan apa yang telah terjadi. Sekitar jam 6, saya minta izin untuk pergi ke Cikarang, untuk wawancara diperusahan terbaik dalam manajemen energi, yaitu Schneider Electric. Pada saat mau ke stasiun Poncol yang berada disamar, saya ditemani dengan tangisan air hujan yang mengisyaratkan bahwa hidup ini seperti air, kita diciptakan dari kuasa Nya, dan diturunkan dibumi, mengikuti "arus kehidupan". Setelah sampai di stasiun, saya segera bergegas mencetak e-tiket kemudian langsung menunggu kereta.

Kereta tiba, dan saya duduk dikursi 19A, ditemani dengan seorang pemuda SMA yang baru lulus berasal dari Magelang yang hendak mengikuti seleksi pendidikan kedinasan di Jakarta. Teman baru saya ini akan tiba di Jakarta dan dijemput oleh temannya, sedangkan saya tidak tau ketika sekitar jam 1 harus kemana di stasiun Bekasi, stasiun yang baru pertama kali saya "hinggapi".

Tiba di Bekasi, saya bertanya arah menuju ke Cikarang. Saya menunggu waktu sahur, dan selama itu saya mencari kursi, dan terlihat disebelah pos keamaan terdapat kursi kosong. Saya kemudian mencari posisi yang nyaman untuk saya tidur. Saya bersyukur, ternyata masih ada orang yang transit di stasiun bekasi. Saya mencoba duduk, dan menundukan kepala. Pengalaman tidur di stasiun, hawa dingin pagi yang terasa dalam tubuh saya, atau mungkin pada saat itu saya merasa sedang tidak enak badan sehingga terasa dingin. 

Pagi-pagi, saya langsung menuju pintu exit arah selatan. Untuk menuju cikarang, untung saja ada bantuan tangan Tuhan yang menuntun sehingga tidak tersasar. Pintu selatan saya lewati, kemudian saya mencari angkota berwarna biru, yaitu elf biru. Ketika mencari, tampak bapa-bapak tua yang mencari penumpang, dan untung saja bapak itu merupakan supir yang hendak mengemudikan elfnya menuju ke cikarang. elf yang sudah tua, sekitar tahun 80an itu saya duduki, rasanya seperti pijat gratis tapi sakit pada bagian punggung dan bokong, "namanya juga elf". Sesampainya di stasiun Cikarang, saya membayar 20.000, setelah itu dioper lagi dengan angkot berwarna orange  dengan ongkos 10.000. Perjalan yang jauh.

Beruntung saya bertemu dengan alumni elektro 2008, yang kosnya ternyata di Cikarang. Saya menumpang untuk menginap di kos-kosannya, dan beruntungnya ternyata dia sudah pulang dari kerjaan kantor yang mengharuskannya pergi ke Makasar. Kalau dia tidak balik, saya bingung juga harus kemana, hehehe.

Serba beruntung................
Ketika tiba di Cikarang, saya hanya nongkrong dikoskosan, kalau makan tinggal beberapa langkah untuk menuju warteg, karena didepan kos banyak sekali warteg.

Ketika dikos, saya dan teman saya yang satu almamater bercerita tentang dunia kerja, yang intinya adalah susah sekali lulusan dari UKSW untuk masuk diperusahaan asing, berdasarkan cerita dan sharing dari beberapa alumni, sebagai seorang freshgraduate, kata mereka ketika mau menuju kesana lebih baik untuk kerja dulu diperusahaan lokal untuk mengandalkan experience. Inilah pengalaman saya menuju dunia kerja, sebenarnya saya tidak tahu juga kenapa saya juga ingin bekerja setelah saya mempertimbangkan untuk tidak melanjutkan kuliah S2 dikarenakan persiapan untuk mengurus beasiswa itupun sampai puluhan juta juga, akhir kata saya bekerja.

Waktu interview, untuk menuju lokasi di Schneider Electric yang berada di Cikarang, saya menggunakan gojek dari tempat kos, uang yang saya keluarkan untuk gojek 15.000. 

Saya kagum dengan perusahaan itu, karena tempatnya yang "epic" membuat saya ingin bekerja disana. Setelah itu saya bertemu dengan seorang HR, dan disana juga saya bertemu dengan pemenang Go Green in The City 2016 yang akan berangkat ke Paris yang berasal dari UI (Universitas Indonesia), sempat minder ketika bertemu, aku mah apa.... cuma lulusan universitas di Salatiga.

Ketika interview juga saya membicarakan kampus saya dan membanding-bandingkan kampus saya dengan kampus lain, tapi dilain sisi saya juga terlalu mengebu-gebu ketika ditanya HRDnya, dan saya sedikit berbohong ketika saya ditanyai " sudah melamar diperusahaan apa?", saya menjawab beberapa perusahaan multinasional, tetapi dibalik itu sudah banyak sekali lowongan pekerjaan yang saya apply, tetapi tidak ada satupun yang nyantol".
, saya memilih untuk tetap kiblatnya menjadi seorang Engineer, saya mau belajar untuk hal-hal itu terlebih dahulu, setelah itu baru saya belajar mengenai management, finance, ataupun marketing. Tetapi seperti job yang dibutuhkan pada saat itu adalah elektro arus kuat  (power) sedangkan saya sendiri merupakan elektro arus lemah (instrumentasi). Sampai saat inipun saya belum mendapatkan panggilan, lebih lanjut....

Jika feeling saya benar, saya sepertinya tidak diterima.
Apakah saya kecewa? ya tentunya, tapi tidak lama, saya harus mengatur startegi selanjutnya untuk mencari kerja ATAU menciptakan kerja.

Saya percaya Tuhan sedang mempersiapkan yang terbaik buat saya......., untuk saat ini sudah 50 lamaran pekerjaan yang saya lamar, dan tidak ada panggilan satupun.

:)
Lantas saya harus memikirkan lebih simple kerangka berfikir saya dalam menghadapi semua ini, ketika uang saya habis jatuh ketika bermain forex, dan sekarang tinggal sedikit, saya tidak tau apa yang selanjutnya akan terjadi......
Beginilah hidup, kalau dipikirkan terlalu spesifik ya pastinya depresi, tapi kalau dipikir simple dan bersyukur serta rasa rendah hati, dan adanya kepercayaan bahwa Tuhan memberikan yang terbaik, Tuhan pasti akan memberikan itu semua.


Thursday, 16 June 2016

Jika saya meninggal

00:50
Wasurenai de kono hoshi ni fushigi hitotsu mitsuketa yo
Kono te no hira de kasuka ni hikaru
Boku no daijina takaramono da yo

Kimi to itsuka hanashita ne tsubasa ikieta yume no koto
Niji wo tobikoe taiyou no kuni
Afureru yokan doko made mo iku

Lagu yang mengingatkan waktu kecil. Setelah dewasa ini saya masih bingung untuk apa yang akan saya lakukan, ketika planning saya sudah begitu matang, ada-ada saja hal-hal yang harus saya tangani.

 Hal ini menyebabkan saya menjadi  kehilangan arah.

Saya memikirkan siapa saya? Sekumpulan gabungan sel yang menempati ruang dan waktu? ataukah ada tujuan yang benar-benar bisa saya lakukan untuk kehidupan ini.

Rasa pasrah dan berusaha mengitari saya bebera waktu ini, rasanya damai sekali, seperti waktunya saya meninggalkan dunia ini, nyaman, damai.....

Rasa itu muncul ketika saya bisa mengalahkan hal-hal duniawi hari ini, berkat pertolongan pacar saya.
Saya berusaha sekuat tenaga saya, tetapi saya tetap jatuh, namun hal ini berbeda ketika pacar saya membantu saya melawan hal-hal duniawi ini.

Sebab hal yang terindah itu ketika hal-hal duniawi bisa dihilangkan

Saya tidak mau membohongi orang-orang terdekat saya terus menerus, rasanya juga meninggalkan dunia ini serasa nyaman.
Sebenarnya yang nulis ini bukanlah orang yang hebat ataupun pintar, hanya orang yang sok-sokan mempunyai mimpi besar dan tindakan yang "kecil",

Pada akhirnya senang sekali bisa berjumpa dengan pacar saya yang selalu menolong dikala benar-benar down, tapi yg terlebih penting adalah dekat dengan keluarga yang telah membesarkan saya 21 tahun, mereka moodbooster untuk terus melangkahkan kaki

Rasanya Mau berjumpa mereka setiap hari

Tuhan udh siapin rancangan yg indah untuk kita.
1 Korintus 10:13
Pencobaan-pencobaan yang kamu alami ialah pencobaan-pencobaan biasa, yang tidak melebihi kekuatan manusia. Sebab Allah setia 1  m  dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu. n  Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan ke luar, sehingga kamu dapat menanggungnya.

Atau kapan saatnya bertemu dengan Tuhan?

Friday, 10 June 2016

"Ngak enaknya" puasanya orang Katolik

21:35
Pesanan tiga gelas kopi datang di meja kami, saat kopi dibagikan, ternyata saya lupa bahwa teman saya sedang berpuasa. Ketika saya menyadarinya,
 "eh bro maaf, aku lupa...",
 kemudian teman saya menjawab "Ngak opo-opo, santai wae". 

Biasanya ketika bulan-bulan puasa, saya menghormati teman-teman yang perpuasa dengan tidak menunjukan makan dan minum didepannya, semisal  kalau kepepet untuk minum, biasanya saya  bilang "eh sorry ya..."dan membalikan badan. 

Ada teman saya yang merasa biasa saja ketika saya tidak sengaja minum karena lupa kalau dia beragama itu (mungkin imannya bener2 kuat, salut sama orang-orang seperti ini) . Ada juga teman yang "menyuruh" untuk nanti saja, atau ada juga yang masang muka bete.    


Di agama tetangga, enak sekali sudah dijadwalkan, sedangkan di katolik  tidak ada aturan baku kapan jam "buka" puasa dan sahurnya, enaknya lagi di tetangga yang ikutan puasa banyak ada yang mengingatkan, tapi di katolik saja tidak terdeteksi kalau sedang puasa atau tidak.

"enaknya..............",

anyway saya juga ngefans dengan Dr.Zakir Naik, untuk memperdalam pandangan saya, walaupun saya katolik.

"ngak enaknya" puasa di katolik, apa-apa sendiri. Mau buka kapan,sahur kapan itu keputusan pribadi
"ngak enaknya" puasa di katolik, ngak ada itung-itungan berkat. 
"ngak enaknya" puasa di katolik, ngak "rame". 
"ngak enaknya" ketika puasa di katolik saat paskah", warung makan buka terus ngak ada yang merazia atau menutup, dan ngak ada himbauan warung makan untuk memasangan kain untuk menutup, sehingga kalau terbuka mungkin imanya mudah tergoda untuk jatuh dalam kedagingan (duniawi).


 "ngak enaknya" puasa di katolik, ngak ada yang mengingatkan. 
 "ngak enaknya" puasa di katolik, aturan puasanya "ngak jelas" kapan harus berbuka dan "sahur".

"ngak enaknya" jadi orang "katolik". Ngikut Gusti itu memang sulit yah :D hehehe, memikul salibnya juga sulit banget, dan terlalu bebas
dan kenapa Tuhan itu memberikan kebebasan ? karena Tuhan cinta sama umatnya, tidak ada aturan, 

Tuhan itu sang cinta. Esensi dari cinta adalah membebaskan orang yg dicintai. Manusia dihargai oleh Tuhan meskipun hanya ciptaannya. Itu istimewanya manusia sbg ciptaan. Allah mencintai manusia maka manusia diberi kehendak bebas. Kalo tdk bebas berarti itu bukan cinta. Kalo bukan cinta berarti Tuhan mendustai dirinya sendiri sbg sang cinta.

Puasa di katolik benar-benar pengendalian diri dan bukan penyiksaan diri sendiri, ketika bisa mengendalikan diri menahan hal-hal duniawi dan kedagingan (Matius 26:41), munculah roh kudus yang mendekatkan kita tentang arti bersyukur, biasanya ketika sudah melupakan kedagingan rasanya damai, dan ngak mikirin lapar atau haus, karena benar-benar penyerahan hidup seutuhnya sama Tuhan, itulah yang saya rasakan ketika saya berpuasa dalam katolik.  

Makna puasa dalam bahasa Arab adalah '' shaum '' dan'' '' Siyam . Kata " shaum " berarti " untuk menjauhkan diri dari sesuatu, menahan diri , untuk mencegah diri (dalam bahasa Arab). 

Tulisan ini untuk mengingatkan bahwa prinsip dasarnya sama dalam setiap agama tentang puasa adalah tentang pengendalian diri terhadap nafsu duniawi, dan mendekatkan diri kepada sang Pencipta. Selamat berpuasa :).

Referensi:
http://www.katolisitas.org/berpuasa-dan-berpantang-menurut-gereja-katolik/
http://www.hakikatislam.com/pertanyaan-jawaban/bermacam-macam/apa-arti-puasa---shaum

Mohon maaf bila ada salah ucap.
Tuhan memberkati.




 





Logika Dagang

19:28
Logika dagang :
uang 1 juta untuk apa ? jawab = modal
uang 10 juta untuk apa ? jawab = modal
uang 100 jt untuk apa ? jawab = modal
uang 300 juta untuk apa ? jawab = modal
uang 500jt untuk apa ? jawab = modal
uang 1 Miliar untuk apa ? jawab = modal....
kalo 2 Miliar untuk apa ? jawab, modal juga ....
Modal disini adalah dalam artian cashflow, yg sudah bergerak.
kok sudah sebanyak itu selalu dijawab untuk modal kerja ?...
kapan beli rumah ? kapan beli mobil baru ? kapan liburan ? gak kebeli-beli donk rumah ?...
1. jangan terlalu cepat mengkonversi hasil usaha, ke dalam aset2 real, disaat sedang merangkak dari bawah, nikmati saja terus perbanyak barang dagangan, toko dibikin cabang, tambah lagi bisnis disektor lain, sebenernya kalau hanya ingin naik kendaraan mewah, anda sewa saja uber , kemana anda ingin tuju, tapi kalau menikmati mengolah cashflow uang, untuk dibikin bidang2 bisnis, itu baru asik, dan akhirnya seorang pengangguran berubah menjadi orang yang super sibuk, mengurus berbagai macam lini bisnisnya.
2. banyak sekali orang diluar sana yang kalau untuk urusan gadget, kendaraan, untuk niat nya biar gaya, itu nomor satu, tapi keluar modal untuk usaha yg akan di buatnya 10 juta saja, mikirnya bukan kepayang, sedangkan membeli handphone seharga 10 jt saja dibela2in kredit, ini adalah mindset kebalik, menurut saya, dalam logika dagang, modal dan terus memperbesar cashflow lah yg menjadi prioritas, sembari terus bertahan , dan mengembangkan usaha di berbagai sektor.
3. bisnis itu semacam punya anak, bisnis pertama bisnis kedua , bisnis ketiga, jika bisnis pertama cukup untuk membiayai hidup anda setiap bulan, atau bahkan cukup untuk membiayai hidup anda setiap tahun, maka bisnis nomor 2 adalah untuk hal yang lainnya, dengan begitulah banyak pedagang itu nabung secara gak sadar, karena bisnis 1 , dan bisnis 2, dimana bisnis 1 untuk operasional rumah tangga, bisnis nomor 2, untuk ditabung, atau untuk membuka bisnis ke 3, yang penting kalau bisnisnya sudah ada 5 macam, jangan untuk istri ke dua dan istri ke tiga, istri maksimal 1.
4. jika anda mengelola bisnis dengan baik, dan sudah berjalan dengan lama, uang 200 juta, bisa untuk penghasilan anda 10juta - 30 juta setiap bulannya, ditambah lagi, anda ditahun ke 3, uang 200 jt tersebut sudah kembali ketangan anda, untuk di bikin kan bisnis lainnya, disana lah orang mulai melihat anda sibuk,
5. inti dari bisnis adalah melayani, pelayanan, serta share, sehingga orang lain rela mengeluarkan uang untuk membayar jasa/ produk anda, disanalah sudah sewajarnya apabila anda lihat gedung2 tinggi di sudirman jakarta, ya mereka itu mempunyai services, core, organisasi, yang membuat orang memakai jasa mereka, membeli produk mereka, kunci nya adalah jual dan beli, lalu broker, hanya 3 itu saja.
6. kekuatan modal finansial yang tidak di dukung dengan keputusan yg jernih, serta support sdm didalamnya yang baik, dan management yg baik, hanya akan merusak dan memperkecil modal, alias modal bisa menyusut, so ? kalau anda melihat orang yg sudah berdagang, lama, dan akhirnya besar, bisa jadi karena pinjaman bank, suntikan dana , namun bisa jadi karena, dia mengelola bisnsi dan usahanya dengan baik, karena modal akan bertambah dengan sendirinya, seiring dengan profit yang disisihkan untuk di putar ke roda gila cashflow, percuma saja ditanam modal 1 milyar rupiah, ketika dikelola dengan buruk, bisa-bisa di balikin, tinggal bersisa 10 jt, namun lain hal dengan orang yg memulai dengan baik usaha di modal 10jt, bisa jadi 3-5 tahun berjalan sudah di angka 500jt bahkan lebih, karena pengelolaannya sangat baik. so apa yang anda pikirkan dengan usaha anda sekarang? .. membuat bola salju dari sisi cashflow adalah sangat penting dan erat kaitannya dengan pelayanan serta service.
7. banyak orang yg sdh berpengalaman dagang, dengan uang 10 jt mereka bisa ciptakan 2 jt setiap bulan, alias dengan cashflow 100 jt pun 20jt setiap bulan didapat, dan seterusnya, untuk itu lah apabila anda depositokan uang 1M anda di bank, itu hanya dapat sekitar 4 juta rupiah tiap bulan, uang anda tidak ada artinya di depositokan, . . dari sini lah orang mulai berusaha mencari akal, mengutak atik, cara-cara agar bisa jauh diatas angka deposito, apakah nama cara itu ? nama caranya , berdagang / berwiraswasta / berusaha , jadi mengusahakan yang belum ada.
8. Kesaktian-kesaktian roda usaha dan roda bisnis, perusahaan perusahaan besar, yang membuat lulusan S1 FG, menyerah dan langsung meng-apply job ke perusahaan multinasional, sebegitu mengerikannya idealisme dibunuh atau terbunuh , dan langsung menyerah, ya memang begitu, realistis dan cepat, dan ingat, itu lah saktinya modal yang unlimited, namun jika anda berusaha / berdagang , melihat kompetitor mempunyai cashflow dan modal yg kuat, jangan patah semangat, hukum bola salju adalah, modal 10 jt pun akan jadi modal 100jt, jika anda mengelola dengan benar, tetapi sebaliknya jika anda tanamkan 100jt, itu akan menjadi 10 jt, cepat atau lambat, selama pengaturan sdm , management anda buruk, karena yang namanya gaji karyawan, sewa kantor, operasional, dan sebagainya itu semua di biayai dari ujung tombak perusahaan yaitu penjualan. kembali lagi semua itu kembali ke jual beli dan calo.
9. Sibuk melihat , menakar, mengira2, berapa modal saingan saya, itu akan sangat membantu saingan anda untuk mengalahkan anda, tanpa perlu berbuat apa-apa ke anda, karena anda terlalu sibuk dengan lihat lihat tetangga, dan anda tidak paham dengan hukum bola salju, dimana bola salju itu adalah sesuatu perjuangan keras, melawan waktu, melawan zaman, melawan semuanya, sehingga menjadi besar. ditambah pula anda memperlihatkan secara gamblang kelemahan mental anda, kepada kompetitor anda, kelemahan mental lebih mahal harganya ketimbang kelemahan anda kekurangan modal usaha, karena mental itu ibarat bahan bakar sekelas avtur pesawat, sementara kelemaham modal itu ibarat bahan bakar minyak tanah, perbandingannya. toh kalau posisinya langsung dibalik ke anda, pun bisa jadi bukan profit yang anda dapat malah hutang yg anda dapat di akhir, karena, perbekalan amunisi terlalu cepat, tidak sebanding dengan kemampuan managerial dan softskill anda berkembang. (bodoh) lebih tepatnya.
10. orang jualan koran bekas, bisa naik haji, orang jualan bubur buka dari jam 6 sampai jam 12 malam, bisa nyekolahin anaknya sampai keluar negri, orang jualan keripik pedas, cemilan dan kudapan, sekarang usaha properti dimana2, orang jualan bawang goreng, dimasukan kedalam toples plastik, sekarang pegang supply ke 2 hotel, orang jualan rak kayu dan aneka display, sekarang supply ke toko2 besar seperti gramedia, toyskingdom, toyscity, orang jualan ..... orang jualan ...... orang jualan ....... bla bla bla bla bla, semua kembali ke mengelolanya, memanagenya, dan lihat background bagaimana segempalan tangan bola salju yang pada saat awal bisnisnya sekarang sudah menjadi sebesar meteor yang sangat besar, kalau lah jualan kuaci tidak menguntungkan, maka anda tidak bisa menemukan kuaci2 di supermarket, mau merek cap gajah, bunga matahari, dan lainnya,
so, jualan apakah anda ?....

11. Seberapa kuat anda ingin sama persis dengan kompetitor anda ? memangnya anda mesin foto kopi ?, tanggal lahir, jam , tempat dibesarkan saja sudah beda, muka aja udah beda, bagaimana bisa anda mau tumpek blek copas sama persis ? setiap manusia punya otak, akal, fikiran, ide, kreatifitas, emosional, gagasan yang berbeda2, anda cukup ambil saja garis besar di bagian paling belakangnya, apakah itu ? cetak saja skor skor an uang nantinya berapa, tanpa perlu sama persis dengan kompetitor anda. semua ada jalan dan gaya masing2, satu2 nya orang yg bisa mengcopas persis sama seperti contohnya adalah si owner atau foundernya sendiri., bukan orang lain seperti anda.
12. ada tersirat 1 sukses mematikan 10 lainnya, adapula tersirat, 1 sukses , 10 yang lainnya ikut terbawa sukses, tentunya apabila tidak ada konflik interest yang beradu didalamnya, pakai saja cara anda masing-masing dalam memperbesar bola salju, karena hukum tersirat ini, memang benar ada tapi terkecuali untuk yang punya jalan dan pintar jeli mengambil celah di antara tembok, dinding yang tebal.
13. usaha / dagang yg hebat itu yg mampu bertahan dekade demi dekade, bukan dilihat dari apa yg sudah anda pamerkan ke orang2 dekat sekitar anda dari usaha anda. percuma anda pamer2 tetapi usaha anda dijadikan sapi perah untuk glamour dan gaya hidup anda. masih adakah usaha anda di 10 tahun kedepan ?
14. anda teriak modal kecil, gak bisa gerak, gk ada modal, gk ada modal, yakin ketika ada modal anda bisa seperti yang anda lihat ? , penambahan modal berarti penambahan workload, penambahan jam kerja, penambahan effort, penambahan kesibukan, penambahan pelanggan, penambahan setoran, penambahan aktifitas, urus saja aktifitas modal anda yg 10 jutaan itu dulu (contoh). semua melalui tahapan, proses tangga demi tangga.
15. jangan pernah anda melihat gaya konglomerat, / anak konglomerat / orang besar membuka bisnis, yang langsung menggeolontorkan dana ratusan juta , milyaran bahkan puluhan miyar hingga ratusan, mereka itu sudah punya softskill, pengalaman, serta jangan lupa, itu mungkin bisnis mereka yang ke 10, dan sudah di perhitungkan oleh risk management, dan di analisis feasible studinya, serta kalau amsiong pun ada 9 pelor lagi, buat anda yang masih lahiran anak bisnis 1, 2 , ya anda sendiri donk yang turun tangan perhitungkan semuanya, lagipula justru mereka itu sudah memperhitungkan menggelontorkan dana 10 milyar untuk jadi si bola salju itu 50 milyar atau lebih, makanya sampai bayar orang untuk memperhitungkan segala sesuatunya agar tidak salah, tetap saja intinya perkembangan, pertambahan, pertumbuhan, pembesaran. mereka punya kepentingan untuk menghitung sedetil mungkin agar tidak menyusut 1 mili meter pun ketika bola salju itu di jalankan.
16. inti dari pengusaha, wiraswasta, pedagang, itu hampir2 sama, sama2 mengusahakan yang belum ada menjadi ada, apakah itu yang belum ada menjadi ada ? yaa gak usah basa basi mencla mencle, jelas lah cashflow, putarn uang, didalam roda gila permainan usaha, bisnis, dagang, aktifitas jualbeli itu lah,
dulu main di awal 1 juta, sekarang bisa gak bertumbuh jadi main di 10 juta, dulu main di 10 juta, bisa gak sekarang jadi main di 100juta, sekarang main di 100 juta, bisa gak besok main di 500 juta ? ... nah kalau anda main 100 jt, anda ambil yang menjadi hak anda 10-20 juta, sah toh ? sahhhhhhh.... belum ada saya dengar pengusaha itu dulu main 100 juta, sekarang dia maunya main 10 juta, bahkan dulu main 100 jt, sekarang main 100 jt aja, si pengusaha udah stress karena itu menyalahi hukum bola salju. dalam artian usaha nya stagnan. kalau diawal anda main 10 juta, di akhir malah hutang 10 juta, anda ini sedang mengusahakan apa toh ?.

masih percayakah anda terhadap hukum bola salju ?


+ Source: Unknown .

Tuesday, 7 June 2016

Bukan lebay untuk membahas

00:00





Semakin dewasa saya menggali apa sebenenarnya jiwa dan roh itu sendiri, saya penasaran dengan dua istilah tersebut.  Sebelum lebih dalam, hal yang harus disadari dari semua itu adalah cinta. Jangan memikirkan lebay untuk membahas cinta tapi kitapun sebagai manusia kurang memahami apa itu cinta sebenarnya, menurut pemikiran saya cinta itu Tuhan

Tuhan itu sang cinta. Esensi dari cinta adalah membebaskan orang yg dicintai. Manusia dihargai oleh Tuhan meskipun hanya ciptaannya. Itu istimewanya manusia sbg ciptaan. Allah mencintai manusia maka manusia diberi kehendak bebas. Kalo tdk bebas berarti itu bukan cinta. Kalo bukan cinta berarti Tuhan mendustai dirinya sendiri sbg sang cinta.

Itulah esensi, Tuhan saja memberikan kehendak bebas, karena dia begitu cintanya terhadap umat manusia. Kadang sebagai manusia saya tertampar diri sendiri, saya yang memiliki relasi dengan pasangan saya, masih tegas dan tidak membiarkannya. Disisi manusia, saya masih memberikan patokan-patokan penjagaan terhadap keluarga saya maupun pasangan saya. Namun ketika saya menyadari apa itu esensi cinta yang sesungguhnya, saya dibukakan persepsi baru. Kadang orang tidak merasa bebas apabila dikekang,


Tapi semua itu ada hal positif dan negatif, ketika kita memberikan aturan atau nasehat bertujuan untuk meluruskan. Buktinya Tuhan memberikan 10 perintah Allah yang berisikan aturan. Jadi didalam hubungan di keluarga maupun pasangan lebih baik dibuat aturan juga agar apa yang dikehendaki Allah sesuai dengan aturan yang dibuat oleh manusia, tapi kadang sebenarnya 10 perintah Allah pun merupakan pedoman hidup yang paling hebat.


Dalam penerapannya kita diberikan kehendak bebas, mau mengikuti peraturan tersebut atau tidak, itulah bukti cinta Tuhan kepada umat manusia. Itulah bukti cinta saya kepada pasangan ketika memberikan peraturan untuk saling menjaga perasaan satu dengan yang lain. Karena manusia diciptakan dan serupa dengan Allah.