Medali berkarat ?

Posted by Brian on
Medali Emas OPSI 2011. The End ?


Hey guys, pengen sharing sesuatu nih. Eh gambar di atas itu medali yang aku dapet bersama temen-temenku di Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia 2011. Waktu pertama kali mendapatkan medali itu yah seneng banget lah, karena kami sampai mati-matian mengerjakan makalah dan membuat robot.  Namun seiring dengan berjalannya waktu, sepertinya Pemerintah tidak peduli dengan kami para bibit peneliti muda. Saya sudah di janjikan oleh dewan juri dari OPSI untuk masuk ke ITB, sampai sekarang saya tidak mendapatkan apa-apa.

Saya cerita dulu mengenai diri saya sendiri, nama saya Fa.Brian Ganda Pratama, saya adalah orang yang biasa-biasa saja, otak saya standart tidak jenius dan tidak pintar banget. Saya dulu penderita Dislexia, dan puji Tuhan udah sembuh :). Nilai saya di sekolah pas-pasan :) hanya di bidang terntentu nilai saya baik. Saya tidak suka yang namanya ulangan, saya sudah muak dengan ulangan di sekolah, mereka ngak pada jujur, sehingga membuat saya lebih suka untuk bereksperimen dan melakukan hal-hal yang berbeda dari teman-teman sebaya saya. Karena "beda", saya dijauhin teman-teman  karena saya tidak bisa berdapatasi dengan mereka, dan saya tau kalaupun saya ingin beradaptasi dengan mereka saya harus senasib dan seperjuangan seperti halnya mencontek, dan mereka sungguh menjunjung tinggi asas nyontek itu. Kalau  pada mau nyontekin atau diajak kerja sama pasti deh, anda disekolah saya bakalan banyak temennya : D. Tapi tidak semuanya berlaku hukum yang di atas.

Geram bersaing dengan mereka, akhirnya saya memutuskan untuk bersaing di bidang robotika. Awal mulanya saya mengikuti Olimpiade Fisika, pada saat itu saya tidak lolos. Kemudian saya mengikuti Olimpiade Komputer, hanya sampai provinsi (*seharunya lolos ke Nasional bro..., karena tulisan di lembar jawab saya seperti cakar ayam, mungkin tidak lolos, padahal sepengetahuan saya, saya bisa menjawab soal-soal tersebut :) ). Banyak sekali kegagalan semasa saya di SMA, mulai dari bidang Akademis di sekolah, sampai lomba-lomba  dari tulisan hingga robotika.

Yah beginilah saya, saya akan memperpendek... dan akhirnya saya mendapatkan Medali Emas Olimpiade Penelitan Siswa Indonesia pada tahun 2011.

Sekarang  medali tersebut berkarat, mungkin seperti nasib saya yang "berkarat", saya tidak di ikutkan dalam SNMPTN undangan, saya belum berhasil beasiswa ke Jepang, saya berhasil SNMPTN tulis "mungkin".

Saya cuma bisa membayangkan, apabila pemerintah memberikan fasilitas kepada saya, mungkin lain cerita. Apa yang saya perjuangkan, sepertinya menajdi tidak sia-sia mendapatkan medali emas tersebut, dan berusaha untuk memyempurnakan robot kami.

Sekarang medali tersebut berkarat, mungkin seperti nasib saya yang "berkarat", melihat beberapa siswa dikirim ke I-SWEEP, MOSTATREC, IISEF (Intel International Science and Engineering Fair), rasanya saya tidak dipedulikan oleh pemerintah, padahal saya dan teman-teman saya yang membuat Otomatisasi Robot pembuang sampah otomatis. Dalam hati saya, bagaimana cara memajukan Negeri ini apabila tidak didukung..?

Sekarang medali tersebut berkarat, mungkin seperti nasib saya yang "berkarat".

Nasib " berkarat",hal ini menjadi motivasi saya untuk terus melangkah, penolakan-penolakan ini sebagai modal utama saya untuk terus bangkit dan terus maju !, Kegagalan ini tidak akan menyurutkan semangat saya. Dulu saya pernah bermimpi untuk menyaingi Microsoft, walaupun tidak ada dana ataupun dukungan dari siapa-siapa saja, saya akan mencoba untuk mewujudkan mimpi tersebut, dan keterbatasan ini sebagai keuntungan ataupun kemampuan saya untuk terus menghadapi hidup ini." Jangan Menyerah" seperti D'Masiv

Medali berkarat ?, dan sebenarnya lapisan emas tersebut akan hilang dan akan terlihat bentuk asli dari medali tersebut, seperti diri saya sekarang ini belum melihat kemampuan sebenarnya dalam diri saya dan akan terlihat bentuk "medali" yang asli.

Hidup itu perjuagan, dan semoga kegagalan-kegagalan saya serta penolakan dapat memacu semangat saya ...
 So Don't Give UP ! Seperti Thomas Alva Edison !
Sekarang waktunya saya untuk belajar lagi membuat Software Android dan Pemrograman Microcontroller :)*sambil tersenyum dan penuh harapan, menyampaikan hal ini  :).

UPDATEAN 5/29./2013  sampai sekarang Tuhan belum memberikan apa-apa :(, HIdup itu memang kejam !