Always try to be the best version of yourself - Fa Brian Ganda Pratama

Friday, 18 January 2013

Jakarta "Galau"



Habis selesai kuliah nih :D sempet-sempetin ngeblog hehehe, sambil nunggu waktu "ngupil" dan belajar hehehe :D. Jadi, bosen sekali lihat tv maupun media berita online dari tahun ke tahun, pasti ada yang namanya banjir. Dengan kata lain banjir merupakan "monster" setiap orang yang berada di Jakarta.  Think-think about something, bagaimana mengatasi jakarta yang "galau" karena masalah dari tahun ke tahun ini tidak terselesaikan.


Jakarta bukan ibu kota yang direncakan.  Jakarta merupakan kota yang berkembang, bagaimana tidak banjir, dari dulu emang ibu kota tersebut tidak direncanakan tapi terus berkembang. Akhir kata, karena tidak direncakan pastilah muncul masalah-masalah, salah satunya yang saat ini terjadi adalah banjir. Think-think lagi, bagaiamana menyelesaikan masalah tersebut ? Seperti yang sudah direncakan oleh Pak Jokowi, yaitu buat Deep Tunnel.Katanya kalau tetangga sebelah punya Smart Tunnel Jakarta punya ciri khasnya sendiri yaitu deep tunnel, nah yang baca bisa liat seperti apa Smart Tunnel tersebut, daripada dijelaskan :D monggo dicek video berikut




Proud to be an Engineer :D hehehe
Spesifikasi TBM (Tunnel )

untuk info tentang Smart Tunnel yang diutarakan Pak Jokowi bisa dicek 
disini. Nah,  karena waktu yang dibutuhkan untuk membuat Deep Tunel tersebut cukup memakan bertahun-tahun, saya rasa untuk mengatasi masalah banjir adalah dengan memberikan bantuan terhadap para korban.

Kehidupan tanpa air itu tidak mungkin. Kalau banjir, pasti susah sekali dapet air bersih, oleh sebab itu selama pembangunan, saya rasa Jakarta butuh sedikit pembersih air portabel. Dengan adanya air banjir yang melimpah, untuk urusan MCK dan kebutuhan sehari hari, kenapa tidak memanfaatkan air banjir tersebut.   pemerintah bisa membuat portable pembersih air ini, dalam skala yang besar.  


Purification water systemnya bisa memodifikasi dari LIFESAVER yang dibuat oleh Michael Pritchard. Bisa dilihat dan dibuktikan di video dalam pertemuan TED dibawah ini dan ternyata benar-benar BERSIH !videonya wajib ditonton !.







Sepetinya Michael Pritchard, benar-benar menolong :'), dengan skala water purification yang lebih besar,  Jakarta yang "Galau" akan air bersih, sepertinya benar-benar bisa hilang dan Move ON :D heheheh. Mungkin begitu saja sih :D, kalau pemerintah mau mengembangin portable purification system. Mau gimana lagi, selama menunggu deep tunnel jadi yang diutamakan emang korban banjir. Dan salah satu yang benar-benar harus diutamakan kepada korban emang air :') karena air merupakan sumber kehidupan hehehe :D.