Always try to be the best version of yourself - Fa Brian Ganda Pratama

Monday, 18 February 2013

Pumped Up Kentut !


Waduh, udah lama ngak ngeblog, mumpung masih jam 1 pagi sebelum tidur, saya sempatkan untuk nulis-nulis sesuatu pagi ini. Apa ya ? bingung juga mau nulis apa inih, nulis tentang mengetahui diri sendiri aja deh, berhubung saya ngak isa mengendalikan diri sendiri, kemudian meneliti diri sendiri, bagaimana caranya mengedalikan diri sendiri. Kata empunya mbah aristoteles dari zaman bahulak ampe eyang steve job yang zaman rempong, orang itu harus bisa mengendalikan diri sendiri, tapi emang benar juga sih, banyak sekali manfaat untuk mengendalikan diri sendiri.

Rasanya diri saya sendiri itu ada dua, kadang diri sendiri bisa bertindak sendiri dan kadang diri sendiri bisa dikendalikan. Saya mengamati diri saya sendiri sebagai objek experiment. Contoh simpelnya saya mengamati diri sendiri saat kuliah, ketika dosen yang sangat membosankan mengajarkan mengenai ini-ina dan itu. Pastinya dosen yang membosankan akan memberikan effect secara tidak langsung yaitu NGANTUK !. Kalau ngak percaya bisa dibuktikan, hehehhe. Sebelum kelas mulai, saya tau bahwa bakalan ngantuk nih dikelas, saya kemudian bicara pada diri sendiri "Piye carane ngak ngantuk ? ", dan jawaban yang simple muncul di kelas yaitu "Yo ojo ngantuk !" :D, simpel banget jawabannya, tapi realisasinya yang lebih dari simple.

Berhubung bisa memproyeksikan apa yang saya lihat seperti kenyataan (berimajinasi seperti kenyataan), saya mencoba memproyeksikan kelas itu medan perang dan dosennya itu adalah prajurit musuh, ketika dosennya menyerang dengan kata-kata yang super ngantuk yang saya anggap itu merupakan senjata untuk memusnahkan saya, saya mencoba mencari Shield berupa buku kuliah yang saya bukak dan setiap saya bukak dan mengerti yang ada di buku saya bisa menangkal serangan dari dosen tersebut. Suasana dan suara medan perang terdengar jelas, dan rasanya itu kelas menjadi hidup dan tidak ngantuk :D, itulah cara "YO ojo ngantuk", artinya bisa mengendalikan pikiran diri sendiri sebelum jatuh kedalam pikiran yang dibuat oleh keadaan.

Tapi hal tersebut bisa terjadi karena mood !, kalau ngak mood sama aja ngak isa, butuh yang namanya mood BOOSTER. Saya akui saya orangnya suka ngemut-ngemutan mood. Kalau moodnya bagus ya bisa aja ngak tidur melakukan sesuatu yang saya sukai, dan kalau lagi bad mood ya bisa ditebak bermalas-malas ria. Artinya bermalas-malas ria berarti tidak dalam kondisi mood yang baik, tetapi saya mencoba untuk menghilangkan hal tersebut agar lebih produktif, gimana caranya ? Dari beberapa buku yang saya baca cuma ada bagaimana sikap kita untuk mengatasi suatu keadaan, dan ketika saya praktekkan itu benar sekali :). Gampangannya berpikiran yang positif. Misal nih....

Kuliah kok berasa ngak ada temen yang mampir ke rumah ngajak main, atau dolan-dolan. Menyalahkan diri sendiri, berasa saya ngak punya kemampuan untuk bersosialisasi. Kemudian saya berpikir, kenapa saya harus menyalahkan diri sendiri ?, emang saya begini apa adanya :), karena tidak ada teman yang sepikiran dan "Gila"  ya akhirnya ngak ada temen, kalau ngomong aja rasanya males banget ama temen-temen kuliah, ngomong ala kadarnya, ngak ngomong yang seru-seru dan serba gila :D hehehehe, terus bagaimana menyikapinya ? Anggep aja kesendirian tersebut merupakan sesuatu yang menyenangkan, saya bebas dengan diri sendiri, maen sendiri maen kemana aja. " AUTIS ?" Eits tunggu dulu :P jangan langsung bilang autis dong !. Saya cuma mencoba mencari sisi yang positif dari belum bertemunya teman yang sepikiran :D.

Jadi kesimpulan seperti kentut, kalau diluar kendali itu bahaya ! kalau di dalam kendali dan di keluarkan pada tempat dan waktu yang tepat berdasarkan ngendalikan kentut pasti akan memberikan banyak hal positif :) * Monggo bisa direnungkan mengenai kesimpulannya hehehe :D. Happy Sharing :) selamat mengendalikan "KENTUT", hahahhaa.