Always try to be the best version of yourself - Fa Brian Ganda Pratama

Sunday, 2 February 2014

Nietzsche "Gott ist tot"



Hari minggu ini, setelah beberapa tugas kuliah selesai, istirahat sebentar dan mencoba merenung kembali. Kemaren sabtu jam 11.00, bersama bang Fandi, Abel, dan bang Keplik pada akustikan. Saat sudah selesai,bang Keplik memberi tahu mengenai Nietzsche, dan waktu itu karena masih juga ngetik, saya kurang "ngeh" dengan Nietzsche, tetapi saat saya sedang kosong istirahat begini, seperti penasaran saya mulai kambuh, Apa atau Siapa Nietzsche ? Tulisan ini saya rangkum dari beberapa sumber, dan memberikan pemikiran baru, kalau punya peneguhan silahkan baca, jika tidak jangan dibaca !

 
"God is dead!"

 Quote tersebut merupakan ungkapan dari seorang  Friedrich Nietzsche, lahir 15 Oktober 1844. Pada pemikiran seorang Friedrich Nietzsche, orang yang pasrah dan selalu merasa berdosa merupakan orang yang "idiot" ? kenapa ? Karena "Tuhan sudah mati", jadi mengapa harus berpasrah kepada Tuhan ?". “Sudah tiba waktunya bagi manusia untuk menentukan tujuan baginya sendiri. Sudah tiba saatnya bagi manusia untuk menanam bibit harapannya yang seunggul-unggulnya.”. Cara pandang seorang Nietzsche, manusia terletak diantara hewan dan manusia unggul. Manusia masih memiliki nafsu seperti hewan (sifat kebinatangan), tetapi dapat dikendalikan karena memiliki akal budi. Dengan akal budi, kita dapat melampaui keterbatasan dirinya menjadi manusia unggul yang dapat mencintai, menghayati, dan menguasai kehidupannya menuju harapan yang ia impikan, setinggi-tingginya, seunggul-unggulnya sehingga kita lebih mencintai kehidupan.

Friedrich Nietzsche sebenarnya tidak menentang Tuhan. Memang pemikiran-pemikirannya terlihat nyeleneh, harus baca bukunya, dan banyak referensi, supaya tidak salah pandang.

REFERENSI


No comments:

Post a Comment

ucapan terimkasih, sebesar-besarnya sudah meninggalkan komentar